Bolehkah Pijat Ketika Demam? Tips Aman & Efektif

oleh -22 Dilihat
Bolehkah Pijat Ketika Demam? Tips Aman & Efektif
Apakah boleh memijat saat demam?

Bolehkah Pijat Ketika Demam? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak Anda saat mengalami demam. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang pijat dan demam serta manfaat, batasan, dan alternatif pijat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala demam. Selain itu, kami juga akan memberikan tips aman dan efektif dalam melakukan pijatan saat mengalami demam.

Apakah pijat dapat membantu meredakan gejala demam?

Memijat tubuh saat mengalami demam sering dianggap sebagai suatu pengobatan alternatif yang dapat membantu meredakan gejala. Sebenarnya, pijat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi tubuh ketika demam.

Selain membantu meredakan gejala demam seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, dan nyeri tubuh, pijatan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh, membantu mempercepat penyembuhan.

Tentunya, penting untuk memastikan pijatan yang dilakukan aman dan efektif. Pijatan ringan dan lembut harus dipilih untuk mencegah risiko cedera atau memperburuk kondisi saat demam.

Dalam kasus demam berat, atau jika Anda tidak yakin apakah pijat aman untuk Anda, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum memijat tubuh Anda.

Memijat tubuh dengan benar dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk mengatasi gejala demam, tetapi juga penting untuk memperhatikan batasan dan perhatian yang perlu diperhatikan saat melakukan pijatan. Dalam bagian selanjutnya, kita akan membahas manfaat pijat untuk demam dan gejalanya secara lebih detail.

Keuntungan pijat untuk demam dan gejalanya

Pijat merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi demam dan gejalanya. Manfaat pijat saat demam terletak pada kemampuannya untuk membantu mengurangi ketegangan, mengurangi peradangan pada otot, dan meningkatkan sirkulasi darah. Jenis pijatan yang bermanfaat saat demam antara lain:

  • Pijatan lembut: Pijatan lembut dapat digunakan untuk mengurangi ketegangan pada tubuh dan membantu mengurangi sakit kepala seiring meningkatnya suhu tubuh.
  • Pengurutan punggung: Pijatan pada punggung dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan sakit otot.
  • Pujian ringan: Pujian ringan yang dilakukan dengan telapak tangan dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan ketegangan yang ditemukan di beberapa bagian tubuh.

Terlepas dari manfaat pijat untuk demam, terdapat beberapa perhatian dan batasan ketika melakukan pijatan saat mengalami demam. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Tidak melakukan pijatan pada area yang sakit atau meradang.
  • Tidak melakukan tekanan yang terlalu keras pada tubuh.
  • Tidak melakukan pijatan jika suhu tubuh melebihi 38 derajat Celsius.

Pijat dapat menjadi alternatif pengobatan untuk mengatasi demam dan gejalanya, namun disarankan untuk tidak hanya mengandalkan pijat sebagai pengobatan utama dan selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Batasan dan perhatian saat memijat saat demam

Memijat tubuh saat demam mungkin sangat membantu meredakan gejala, namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan batasan yang harus diikuti agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada kondisi tubuh yang sedang sakit.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memijat Saat Demam

  • Pijat dengan lembut: Karena tubuh sedang dalam keadaan sakit, pastikan untuk memijat dengan lembut dan jangan terlalu kuat untuk mengurangi risiko membuat kondisi tubuh semakin buruk.
  • Pijat di area tertentu saja: Sebaiknya fokus pada area yang merasa sakit atau tegang saat demam dan hindari pijat di area tertentu, seperti area yang membengkak atau meradang.
  • Jangan memijat bagian yang terkena infeksi: Jangan memijat area di mana infeksi terjadi atau area yang sensitif karena pijatan mungkin memperburuk infeksi dan menimbulkan rasa sakit atau iritasi.
  • Minum cairan: Pastikan untuk minum cairan yang cukup sebelum dan setelah memijat untuk mencegah dehidrasi, terutama ketika demam.

Batasan Memijat Saat Demam

Ada batasan tertentu yang harus diikuti saat memijat saat demam untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat dan mencegah komplikasi:

  • Tidak memijat terlalu lama: Hindari memijat terlalu lama agar tubuh tetap dalam kondisi yang stabil.
  • Tidak memijat terlalu sering: Jangan memijat terlalu sering, karena tubuh yang sakit membutuhkan waktu istirahat dan pemulihan yang cukup.
  • Jangan mencoba pijatan baru: Jangan mencoba pijatan baru yang tidak biasa bagi tubuh Anda selama kondisi demam karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.
  • Memijat hanya dengan persetujuan dokter: Jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasar, lebih baik mencari persetujuan dari dokter Anda sebelum memijat saat demam.

Pijatan yang Tidak Dianjurkan Saat Demam

Ada beberapa jenis pijatan atau teknik pijatan yang tidak dianjurkan saat dalam keadaan demam karena mungkin memperburuk gejala atau berbahaya bagi kesehatan tubuh:

  • Pijatan yang keras atau berlebihan: Pijatan yang terlalu kuat atau berlebihan mungkin menyebabkan rasa sakit, kelelahan, dan memperburuk kondisi tubuh yang sedang sakit.
  • Pijatan pada area yang lemah: Hindari pijatan pada area yang lemah atau fragil pada tubuh Anda selama kondisi demam, seperti area tulang belakang yang rawan cidera saat dipijat secara salah.
  • Pijatan yang tidak terlatih: Terakhir, hindari pijatan yang tidak terlatih atau bersertifikasi karena mungkin berbahaya bagi kesehatan tubuh yang sedang sakit.

Titik pijat saat demam

Berikut adalah beberapa titik pijat yang dapat ditekan untuk membantu meredakan demam:

  • Titik Hegu (LI4)

Titik Hegu terletak di pertemuan antara pangkal ibu jari dan telunjuk. Titik ini dapat membantu meredakan demam, sakit kepala, dan sakit gigi.

Cara menekan titik Hegu:

  1. Letakkan ibu jari dan telunjuk tangan yang berlawanan di titik Hegu.
  2. Tekan titik Hegu dengan kuat, tetapi tidak menyakitkan, selama 10 detik.
  3. Ulangi langkah 2 hingga 3 kali.
  • Titik Yingxiang (LI20)

Titik Yingxiang terletak di kedua sisi hidung, tepatnya di ujung lipatan nasolabial (smile line). Titik ini dapat membantu meredakan demam, sakit kepala, dan sinusitis.

Cara menekan titik Yingxiang:

  1. Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di titik Yingxiang.
  2. Tekan titik Yingxiang dengan kuat, tetapi tidak menyakitkan, selama 10 detik.
  3. Ulangi langkah 2 hingga 3 kali.
  • Titik Fengchi (GB20)

Titik Fengchi terletak di bagian belakang kepala, tepatnya di lekukan di antara kedua telinga. Titik ini dapat membantu meredakan demam, sakit kepala, dan sakit telinga.

Cara menekan titik Fengchi:

  1. Letakkan kedua ibu jari di titik Fengchi.
  2. Tekan titik Fengchi dengan kuat, tetapi tidak menyakitkan, selama 10 detik.
  3. Ulangi langkah 2 hingga 3 kali.
  • Titik Zusanli (ST36)

Titik Zusanli terletak di bagian luar kaki, tepatnya di tiga jari di bawah lutut. Titik ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan demam.

Cara menekan titik Zusanli:

  1. Letakkan kedua ibu jari di titik Zusanli.
  2. Tekan titik Zusanli dengan kuat, tetapi tidak menyakitkan, selama 10 detik.
  3. Ulangi langkah 2 hingga 3 kali.

Pijat pada titik-titik ini dapat dilakukan secara bergantian atau bersamaan. Pijat sebaiknya dilakukan selama 5-10 menit setiap kali.

Selain pijat, demam juga dapat diredakan dengan cara-cara berikut:

  • Minum banyak cairan, seperti air putih, jus buah, atau sup.
  • Mandi air hangat.
  • Menggunakan kompres hangat pada dahi.
  • Mengonsumsi obat penurun demam, seperti parasetamol atau ibuprofen.

 

Alternatif pijat untuk demam: pijat refleksi dan aromaterapi

 

Selain pijat umum, terdapat alternatif pijat yang dapat membantu meredakan demam. Dua jenis alternatif pijat yang paling umum adalah pijat refleksi dan aromaterapi.

Pijat Refleksi untuk Demam

Pijat refleksi dilakukan pada titik-titik pada telapak kaki yang terkait dengan organ tubuh tertentu. Dengan pijatan yang terarah pada titik-titik tersebut, tubuh dapat dirangsang untuk memperbaiki keseimbangan dan fungsi organ tubuh.

Pada saat demam, pijat refleksi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pijatan pada titik khusus pada telapak kaki juga dapat membantu meredakan sakit kepala dan nyeri tubuh. Namun, jika demam disebabkan oleh infeksi yang parah, pijat refleksi sebaiknya tidak dilakukan.

Aromaterapi untuk Demam

Aromaterapi melibatkan penggunaan minyak esensial dan aroma untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk demam. Beberapa jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk meredakan gejala demam meliputi minyak esensial peppermint, eucalyptus, dan lemon.

Salah satu cara untuk menggunakan aromaterapi adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam bak mandi air hangat. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan mengoleskannya pada dada dan leher untuk membantu meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

Perlu diingat bahwa, seperti pijat refleksi, aromaterapi juga memiliki batasan dan perhatian yang perlu diperhatikan. Beberapa minyak esensial terlalu kuat untuk digunakan pada anak-anak atau pada kulit tertentu, sehingga perlu dilakukan pengecekkan terlebih dahulu sebelum penggunaannya.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, memijat tubuh saat demam dapat memberikan manfaat dalam meredakan gejala demam, seperti mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun, terdapat beberapa batasan dan perhatian yang perlu diingat, seperti menghindari area yang sakit atau bengkak, dan memperhatikan tekanan saat memijat.

Pilihan pijat alternatif seperti pijat refleksi dan aromaterapi juga dapat membantu meredakan gejala demam. Namun, perlu diingat bahwa langsung berkonsultasi dengan dokter atau ahli pijat sebelum melakukan pijatan saat demam, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasar atau sedang dalam proses penyembuhan.

Ingatlah untuk selalu memastikan keamanan dan kesehatan Anda saat melakukan pijatan saat demam, dan gunakan teknik pijatan yang aman dan efektif. Dengan memperhatikan batasan dan perhatian yang dijelaskan di artikel ini, Anda dapat memperoleh manfaat dari pijatan saat demam dan meningkatkan kenyamanan selama proses penyembuhan.

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.