Pentingnya Mengetahui Bagaimana Mengatasi Payudara Besar Sebelah

oleh -45 Dilihat
Pentingnya Mengetahui Bagaimana Mengatasi Payudara Besar Sebelah
Bagaimana mengatasi payudara besar sebelah.

Bagaimana mengatasi payudara besar sebelah – Payudara besar sebelah dapat menjadi masalah yang cukup umum terjadi pada sebagian wanita. Hal ini dapat mengganggu kepercayaan diri dan keseimbangan estetika tubuh. Namun, penting bagi kita untuk memahami apa yang menyebabkan payudara besar sebelah dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang penyebab, pengukuran ukuran payudara, cara mengatasi, serta pilihan pengobatan dan perawatan rumahan yang dapat digunakan.

Apa yang menyebabkan payudara besar sebelah?

Payudara besar sebelah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertumbuhan abnormal dalam jaringan payudara, ketidakseimbangan hormon, perbedaan otot dada, atau cedera pada satu sisi payudara bisa menjadi penyebab utamanya. Selain itu, faktor genetik, kehamilan, atau faktor usia juga dapat mempengaruhi ukuran payudara yang tidak simetris.

Bagaimana cara mengukur ukuran payudara

Bagi banyak wanita, memahami cara mengukur ukuran payudara penting untuk menemukan bra yang cocok dan nyaman. Mengetahui perbedaan ukuran payudara juga dapat membantu mengurangi ketidakseimbangan dan mencapai payudara yang lebih simetris.

Untuk mengukur ukuran payudara, pertama-tama kenakan bra tanpa busa atau lapisan tambahan. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pegang penggaris atau pita pengukur dan posisikan di bawah payudara Anda. Pastikan penggaris sejajar dengan tanah.
  2. Tarik penggaris atau pita pengukur ke arah bagian depan payudara, di atas puting. Pastikan penggaris atau pita pengukur pas di atas titik paling lebar payudara.
  3. Catat ukuran payudara dengan mengukur lingkar di bawah payudara (lingkar bawah) dan lingkar di atas payudara (lingkar atas). Pegang penggaris atau pita pengukur sejajar dengan tanah dan pastikan ketat, tetapi jangan terlalu ketat hingga menekan payudara ke dalam.

Contoh Pengukuran Ukuran Payudara

Ukuran Bra Lingkar Bawah Lingkar Atas
32A 30 in / 76 cm 33 in / 84 cm
34B 32 in / 81 cm 35 in / 89 cm
36C 34 in / 86 cm 37 in / 94 cm

Perlu diingat bahwa ukuran bra yang tepat dapat bervariasi tergantung pada merek dan modelnya. Jika mengalami kesulitan menemukan ukuran bra yang nyaman, jangan ragu untuk meminta bantuan penjual atau mencari saran dari ahli pencocokan bra.

Penyebab payudara besar sebelah

Payudara yang tidak simetris adalah masalah yang umum di kalangan wanita. Namun, apakah kita tahu apa yang sebenarnya menyebabkan payudara besar sebelah? Mengetahui penyebabnya akan membantu kita menemukan solusi yang tepat untuk memperoleh payudara yang lebih simetris.

Berikut adalah beberapa penyebab umum dari payudara besar sebelah:

  • Pertumbuhan payudara yang tidak merata selama masa pubertas.
  • Cedera pada payudara yang mengakibatkan pertumbuhan yang tidak merata.
  • Perbedaan ukuran tulang selangka atau bahu.
  • Tumor atau kelainan payudara.
  • Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan atau pada saat menopause.

Cara mengatasi payudara besar sebelah

Pada umumnya, payudara besar sebelah tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan medis. Namun, jika payudara besar sebelah menyebabkan rasa tidak nyaman atau mengganggu penampilan, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya, antara lain:

  • Mengenakan bra yang tepat: Bra yang tepat dapat membantu menopang payudara dan membuat payudara yang lebih besar tampak lebih kecil.
  • Menggunakan padding: Padding dapat digunakan untuk menambah volume payudara yang lebih kecil.
  • Operasi payudara: Operasi payudara adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi payudara besar sebelah. Operasi ini dapat dilakukan untuk memperbesar payudara yang lebih kecil atau mengecilkan payudara yang lebih besar.

Perawatan rumahan untuk mengatasi payudara besar sebelah

Selain pengobatan medis, ada juga perawatan rumahan yang dapat Anda coba untuk mengatasi payudara besar sebelah. Ini meliputi penggunaan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa untuk memijat payudara secara teratur. Pemijatan ini dapat membantu merangsang pertumbuhan jaringan payudara sehingga bisa meningkatkan simetri.

Pencegahan payudara besar sebelah

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah payudara besar sebelah, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risikonya, antara lain:

  • Olahraga secara teratur:  dapat membantu memperkuat otot-otot dada dan bahu, sehingga dapat membantu menopang payudara dan mencegahnya membesar secara tidak merata.
  • Menjaga berat badan yang sehat: dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, yang dapat membantu mencegah payudara membesar secara tidak merata.
  • Mengenakan bra yang tepat:  dapat membantu menopang payudara dan mencegahnya membesar secara tidak merata.

Tindakan medis yang dapat dilakukan

Kadang-kadang, tindakan medis diperlukan untuk mengatasi payudara besar sebelah. Jika perawatan rumah atau produk kecantikan tidak memberikan hasil yang diinginkan, Anda mungkin perlu mencari bantuan medis. Berikut adalah tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi payudara besar sebelah:

1. Operasi kecil atau bedah plastik

Operasi kecil atau bedah plastik adalah jenis tindakan medis yang paling umum dilakukan untuk mengatasi payudara besar sebelah. Dokter akan melakukan operasi kecil untuk menghilangkan jaringan payudara yang berlebih pada satu sisi payudara dan meningkatkan simetri. Selain itu, dokter juga dapat melakukan bedah plastik untuk mengubah ukuran, bentuk, dan posisi payudara Anda.

2. Terapi hormon

Terkadang, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan payudara besar sebelah. Oleh karena itu, dokter dapat merekomendasikan terapi hormon untuk meningkatkan keseimbangan hormon dan mengurangi perbedaan ukuran payudara. Terapi hormon dapat dilakukan melalui suntikan, pil, atau perubahan gaya hidup.

3. Pengeluaran lemak

Pengeluaran lemak adalah prosedur medis di mana dokter menyedot sebagian dari lemak payudara yang berlebih untuk meningkatkan simetri payudara. Walaupun prosedur ini jarang dilakukan untuk mengatasi payudara besar sebelah, namun dapat menjadi pilihan bagi beberapa orang.

Demikian penjelasan bagaimana mengatasi payudara besar sebelah , penyebabnya, cara mengukur ukuran payudara dengan benar, serta metode pengobatan dan perawatan yang dapat digunakan. Meskipun terkadang perbedaan ukuran payudara adalah hal yang normal, jika perbedaan tersebut mengganggu kepercayaan diri atau menyebabkan ketidaknyamanan, penting untuk mencari bantuan medis.

Baca juga 10 Ciri-ciri Rahim Sehat dan subur yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.