Ciri Penyakit Kelamin pada Laki-laki yang Perlu Diwaspadai

oleh -39 Dilihat
Ciri Penyakit Kelamin pada Laki-laki yang Perlu Diwaspadai
ilustrasi ciri penyakit kelaminn pada laki

Ciri Penyakit Kelamin pada Laki – Penyakit kelamin adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh laki-laki. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit yang menular melalui hubungan seksual.

Oleh karena itu, penting bagi laki-laki untuk mengenali ciri-ciri penyakit kelamin yang mungkin dialaminya. Dengan begitu, mereka bisa segera mendapatkan pengobatan yang tepat dan mencegah penularan kepada pasangan seksual mereka. Berikut adalah beberapa ciri penyakit kelamin pada laki-laki yang perlu diwaspadai, antara lain:

Gonore

Gonore adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan berwarna hijau, kuning, atau putih dari penis, nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil, pembengkakan pada kulup penis, dan nyeri pada testis. Gejala-gejala tersebut biasanya muncul 2 minggu setelah infeksi terjadi. Namun, gejala gonore juga bisa muncul beberapa bulan setelah infeksi.

Klamidia

Klamidia adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, beberapa penderita dapat menunjukkan gejala klamidia beberapa minggu setelah terinfeksi. Gejala yang muncul umumnya mirip dengan gejala uretritis, seperti nyeri saat buang air kecil, rasa gatal dan terbakar pada uretra, serta keluarnya cairan bening, putih, atau keruh yang tidak biasa dari penis.

Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Penyakit ini biasanya tidak menimbulkan gejala. Kalaupun ada, gejalanya mirip dengan gejala uretritis.

kutil kelamin

kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi human papillomavirus atau HPV. Penyakit ini ditandai dengan adanya kutil pada alat kelamin. Pada laki-laki, kutil kelamin biasa muncul di sekitar anus, skrotum, atau luar penis. Umumnya, kemunculan kutil bisa diikuti dengan iritasi, gatal, hingga berdarah saat digaruk.

Sifilis

Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini diawali dengan adanya luka yang tidak terasa sakit di alat kelamin maupun mulut, dan menular melalui kontak dengan luka tersebut.

Gejala sifilis berbeda-beda sesuai dengan tahapan keparahan penyakit ini, yaitu:

  • sifilis primer, terdapat luka kecil (chancre) yang tidak terasa sakit di tempat awal terjadinya infeksi.
  • sifilis sekunder, muncul ruam di seluruh tubuh, yang bisa diikuti dengan rambut rontok, pegal-pegal, demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.
  • sifilis laten, terjadi jika sifilis tidak diobati dan tidak disertai gejala, tetapi bakteri sifilis tetap berada dalam tubuh
  • sifilis tersier, terjadi jika sifilis tidak diobati selama bertahun-tahun dan menyerang organ-organ vital, seperti otak, jantung, hati, tulang, dan saraf.

Tips pencegahan penyakit kelamin pada Laki-Laki

Penyakit kelamin bisa dicegah dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan.

1.  jaga kebersihan Anda dengan rutin membersihkan daerah kelamin menggunakan air dan sabun. Pastikan juga untuk selalu mengganti celana dalam secara teratur dan tidak membaginya dengan orang lain.

2. Gunakan pengaman saat berhubungan seksual untuk mengurangi risiko tertular penyakit kelamin. Pengaman seperti kondom dapat membantu melindungi diri Anda dari penularan penyakit kelamin.

3. Jalani tes kesehatan secara rutin, terutama jika Anda aktif secara seksual. Dengan melakukan tes kesehatan, Anda dapat mengetahui kemungkinan adanya penyakit kelamin sejak dini dan segera mencari pengobatan yang tepat.

4. Hindari perilaku risiko seperti berganti-ganti pasangan seksual dan terlibat dalam aktivitas seksual yang tidak aman.

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang tepat, anda dapat menjaga kesehatan kelamin Anda dan mengurangi risiko terkena penyakit kelamin. Ingat, kesehatan Anda adalah prioritas utama.

Itulah beberapa ciri penyakit kelamin pada laki-laki yang perlu diwaspadai. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter atau klinik kesehatan terdekat. Jangan malu atau takut untuk memeriksakan diri Anda, karena penyakit kelamin bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Selain itu, hindari hubungan seksual yang tidak aman, gunakan kondom saat berhubungan seksual, dan setia pada satu pasangan saja. Dengan begitu, Anda bisa mencegah terjadinya penyakit kelamin dan menjaga kesehatan alat kelamin Anda.

Baca juga Apa Saja Penyakit Kelamin Pria Dan Wanita? Tips Pencegahan Dan Mengobati

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.