Titik Pijat Flu Dan Hidung tersumbat Yang Mudah Dilakukan yang Efektif untuk Meredahkan Gejala

oleh -77 Dilihat
Titik Pijat Flu Dan Hidung tersumbat Yang Mudah Dilakukan yang Efektif untuk Meredahkan Gejala

Titik Pijat Flu Dan Hidung tersumbat Cuaca yang berubah -ubah  belakangan ini dapat memicu gangguan kesehatan, terutama flu. Sebelum mengandalkan obat mahal, pertimbangkanlah akupunktur sebagai alternatif untuk meredakan batuk dan sesak napas yang seringkali menyertai flu.

Penyebab Flu

Flu yaitu penyakit pernafasan menebar yang berasal dari virus influenza serta mengontaminasi wilayah hidung, kerongkongan, serta kadang-kadang paru. Infeksi pernafasan ini dapat punya sifat gampang sampai berat, bahkan juga kematian gara-gara kompleksitas.

Trik terpilih untuk menghambat flu dengan vaksin flu tiap-tiap tahun, karena flu yang punya sifat berat dapat mengakibatkan kompleksitas penyakit seperti sinus, pneumonia, radang pada organ badan seperti jantung, otak, jaringan otot, ketidakberhasilannya multi-organ, sampai kematian.

flu umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa penyebab utama flu:

  • Virus
  • Iritasi
  • Alergi

Titik pijat di Tangan saat flu

Titik Pijat di tangan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah membantu meredakan gejala flu. Pijat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, melancarkan aliran oksigen, dan mengurangi peradangan.

Berikut adalah beberapa titik pijat yang bisa membantu meredakan flu dan  hidung tersumbat

Titik Fengchi (GB20)

Titik Fengchi terletak di belakang kepala, tepatnya pada area tulang besar yang sejajar dengan bagian bawah daun telinga. Titik ini efektif untuk mengatasi gangguan pernapasan, mulai dari meredakan pilek, hidung tersumbat, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Untuk memijat titik Fengchi, letakkan jari telunjuk dan jari tengah di area tersebut. Tekan titik tersebut dengan lembut selama 1-2 menit.

Titik Hegu (LI4)

Titik Hegu terletak pada pertemuan antara pangkal ibu jari dan telunjuk. Titik ini efektif untuk meredakan gejala penyakit apa pun yang berhubungan dengan wajah dan kepala. Pijatan pada titik ini juga berguna untuk mengatasi flu yang disertai batuk.

Untuk memijat titik Hegu, tekan titik tersebut dengan ibu jari selama 1-2 menit.

Titik Zhongfu (LU1)

Titik Zhongfu terletak di dada, tepatnya pada area di bawah puting susu. Titik ini efektif untuk meredakan batuk, sesak napas, dan nyeri dada.

Untuk memijat titik Zhongfu, letakkan jari telunjuk dan jari tengah di area tersebut. Tekan titik tersebut dengan lembut selama 1-2 menit.

Titik Taiyuan (LU9)

Titik Taiyuan terletak di lengan, tepatnya pada area di antara dua otot deltoid. Titik ini efektif untuk meredakan batuk, sesak napas, dan nyeri dada.

Untuk memijat titik Taiyuan, letakkan jari telunjuk dan jari tengah di area tersebut. Tekan titik tersebut dengan lembut selama 1-2 menit.

Pijatlah titik-titik tersebut secara rutin dua kali sehari, pagi dan sore hari. Pijat dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain.

Titik pijat di kepala dan wajah saat flu

Berikut adalah beberapa titik pijat yang dapat dicoba untuk meredakan gejala flu:

1. Titik di Dekat Pangkal Hidung dan Rongga Mata

Titik ini sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Gunakan ibu jari Anda pada titik di setiap alis, sejajar dengan sisi hidung. Tekan selama 30 detik, lepaskan, dan ulangi hingga rasa sakit hilang. Pijatan yang tepat akan membantu menghilangkan lendir dan memberikan rasa lega.

2. Teknik Jari Tengah di Samping Lubang Hidung

Jika hidung tersumbat belum mereda, tempatkan kedua jari tengah di samping lubang hidung dan jari telunjuk di sampingnya. Tekan kedua sisi dengan jari tengah, tahan selama 30 detik, lalu tekan jari telunjuk selama 30 detik. Ulangi hingga Anda merasakan aliran udara bebas di lubang hidung.

3. Teknik Pijat untuk Meredakan Nyeri Sinus

Bukan hanya wajah dan kepala, tetapi juga tangan dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan nyeri sinus. Rentangkan ibu jari kiri dan jari telunjuk, letakkan ibu jari kanan di antara keduanya dan ujung jari Anda di telapak tangan yang berlawanan. Remas kuat selama 30 detik, ulangi beberapa kali, lalu ganti tangan.

Selain pijat, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala flu, yaitu:

  • Istirahat yang cukup
  • Minum banyak air putih
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Hindari paparan asap dan debu

Jika gejala flu tidak kunjung membaik dalam waktu 3 hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Itulah titik-titik pijat ini dapat membantu meredakan gejala flu, hidung tersumbat dan gejala lainnya. Sebagai alternatif yang efektif, Titik pijat  dapat menjadi solusi untuk mendeteksi dan mengatasi flu lebih awal, mempercepat proses penyembuhan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.