Terbukti Ampuh : Cara Menghilangkan Pilek Dalam 5 menit

oleh -72 Dilihat
Terbukti Ampuh : Cara Menghilangkan Pilek Dalam 5 menit
Cara Menghilangkan Pilek Dalam 5 menit

Cara Menghilangkan Pilek Dalam 5 menit –  Pilek, gangguan umum yang dapat menghambat kegiatan sehari-hari, seringkali disertai hidung tersumbat, bersin, dan batuk. Biasanya disebabkan oleh virus, pilek dapat sembuh sendiri dalam 7-10 hari.

Meskipun tak ada obat instan, ada metode yang dapat meredakan gejala dalam 5 menit. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan pilek dalam 5 menit:

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat meredakan hidung tersumbat. Uap panas membantu melunakkan lendir. Cobalah mandi air hangat  selama 10-15 menit membantu meredakan gejala.

Menghirup Uap Panas

Rebus air hingga mendidi, lalu letakkan ke dalam wadah seperti embe atau baskom. lalu kemudian, kamu duduk menghadap baskom tersebut hingga uapnya bisa mengenai wajahmu. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut. Uap panas dari air hangat atau humidifier dapat melegakan hidung. Hirup selama 5-10 menit membantu meredakan pilek.

Minyak Esensial

Minyak kayu putih atau eukaliptus dapat membantu. Campurkan dengan air panas untuk menghirup atau oleskan ke dahi dan leher.

Makanan yang pedas

Konsumsi makana yang pedas juga sangat efektif menghilangkan pilek, Karena di bumbu pedas seperti cabe memiliki kandungan zat kimia alami yang bisa menurunkan hidung mampet dan membantu bersihkan aliran pernafasan . Maka, coba untuk menambah cabe atau sauce pedas pada makanan kamu saat pilek. seperti makan bakso,mie ayam dan sejenis nya

Tetapi, lihat batasan  pada makanan pedas supaya tidak memunculkan efek yang tidak diharapkan.

Konsumsi Minum Hangat

Air hangat dapat melunakkan lendir, memudahkan pernapasan. Perbanyak lah minum air hangat hal tersebut  sangat penting untuk tetap menjaga asupan cairan agar tubuh tidak kehilangan cairan tubuh yang membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk. Dan pastikan minum minimal 8 gelas air putih per hari.

Berjemur matahari di pagi hari

Berjemur di matahari pagi bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Kamu disarankan untuk setidaknya duduk di matahari pagi antara jam 7 – 9 untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang sehat.

Istirahat Cukup

Beristirahat cukup penting untuk hilangkan pilek. Saat kita tidur, badan kita akan lakukan pergantian sel dan membenahi mekanisme ketahanan tubuh. Coba tidur sepanjang 7-8 jam tiap malamnya untuk menolong badan kamu percepat proses pengobatan dari pilek.

Itulah cara menghilangkan pilek dalam 5 menit yang mudah anda lakukan sendiri di rumah. Jika pilek dan gejala tak membaik dalam 10 hari, atau disertai demam tinggi, sakit kepala parah, atau sesak napas, konsultasikan dengan dokter.

Semoga bermanfaat

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.