RSUD Dr. Pirngadi Medan Sukses Melaksanakan Operasi Katarak dengan Teknik 3D: Peningkatan Presisi dan Cepat Pulih

oleh -85 Dilihat
RSUD Dr. Pirngadi Medan Sukses Melaksanakan Operasi Katarak dengan Teknik 3D
Tim medis sedang melakukan operasi katarak dengan teknik 3D

Healthsvp, Medan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi Medan meraih keberhasilan dalam melaksanakan operasi katarak menggunakan teknik 3D. Tim dokter spesialis mata RSUD Dr. Pirngadi dikepalai oleh dr. Arief Budiman, SpM, berhasil sukses menjalankan teknik terkini ini.

Operasi Katarak 3D: Inovasi dengan Femtosecond Laser

Operasi katarak dengan teknik 3D menghadirkan inovasi melalui penggunaan alat canggih bernama femtosecond laser. Alat ini berperan penting dalam membelah lensa mata yang mengalami kekeruhan menjadi potongan-potongan kecil, mempermudah proses pengeluarannya.

Keunggulan Operasi Katarak 3D

Teknik ini memberikan beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode konvensional:

1. Presisi Tinggi

Dengan tingkat presisi yang tinggi, risiko komplikasi operasi katarak menjadi lebih rendah, memberikan kepercayaan kepada pasien dan tim medis.

2. Waktu Operasi Lebih Singkat

Proses operasi yang lebih efisien mengakibatkan waktu operasi yang lebih singkat, sehingga pasien dapat pulih lebih cepat dan kembali beraktivitas sehari-hari dengan lebih cepat.

3. Bekas Luka Lebih Tidak Terlihat

Dengan ukuran luka operasi yang lebih kecil, bekas luka menjadi kurang terlihat secara visual, meningkatkan aspek estetika bagi pasien.

Kesuksesan pada Pasien Pertama

Pasien pertama yang menjalani operasi katarak dengan teknik 3D adalah seorang wanita berusia 50 tahun yang telah mengalami katarak selama 2 tahun terakhir. Mengalami penurunan signifikan dalam penglihatannya, operasi ini menjadi solusi bagi kesulitan beraktivitas sehari-hari yang dialaminya.

Pasca-operasi, pasien tersebut melaporkan peningkatan signifikan dalam kemampuan penglihatannya. Ia juga merasa lebih nyaman dan bebas dari rasa nyeri yang mungkin muncul setelah operasi.

Unggulan RSUD Dr. Pirngadi Medan

dr. Arief Budiman menekankan bahwa operasi katarak dengan teknik 3D merupakan salah satu layanan unggulan yang dimiliki oleh RSUD Dr. Pirngadi. Diharapkan, layanan ini dapat memberikan pelayanan kesehatan mata yang lebih baik kepada masyarakat.

“Operasi katarak dengan teknik 3D adalah kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan mata. Layanan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” ujar dr. Arief Budiman.

RSUD Dr. Pirngadi Medan, sebagai rumah sakit umum milik Pemerintah Kota Medan, terus berkomitmen menyediakan layanan kesehatan terbaik. Dengan sejarah panjang sejak tahun 1928, rumah sakit ini telah menjadi salah satu yang terbesar di Kota Medan.

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.