5 Alasan Mengapa Bayi Modern Menolak Kain Gurita

oleh -109 Dilihat
Alasan Mengapa Bayi Modern Menolak Kain Gurita

Healthsvp – Dulu, kain gurita menjadi pilihan umum untuk membungkus bayi yang baru lahir. Dipercaya bahwa ini bisa mencegah masuk angin, menyempitkan perut bayi, dan menghindari pusar bodong. Namun, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, penggunaan kain gurita pada bayi sekarang tidak lagi disarankan.

Alasan tidak memakai kain gurita

Berikut adalah alasan mengapa bayi zaman sekarang tidak lagi memakai kain gurita:

1. Pengeringan Alami Tali Pusat

Tali pusat bayi secara alami akan mengering dan lepas dalam waktu 7-10 hari setelah kelahiran. Menggunakan kain gurita tidak hanya tidak mempercepat proses ini, tetapi bisa memperlambatnya. Ketatnya kain gurita dapat menghambat pengeringan tali pusat, meningkatkan risiko infeksi.

2. Bernapas dengan Lebih Bebas

Bayi bernapas menggunakan otot perut, dan penggunaan kain gurita yang terlalu ketat dapat menghambat proses ini. Hal ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas dan, pada kasus ekstrem, dapat berujung pada masalah pernapasan yang serius hingga kematian.

3. Kenyamanan si Kecil

Kain gurita dapat membuat bayi merasa tidak nyaman, sesak, dan sulit bergerak. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bayi. Maka dari itu, memberikan kebebasan bergerak tanpa kendala kain gurita bisa lebih baik untuk kenyamanan dan perkembangan si kecil.

4. Mengurangi Risiko Gumoh dan Muntah

Pakaian bayi yang terlalu ketat bisa membuat mereka mudah gumoh atau muntah. Kain gurita yang terlalu menekan bisa menjadi faktor pemicu, karena bayi kesulitan mengeluarkan gas dengan lancar.

5. Menghindari Risiko Biang Keringat

Penggunaan kain gurita dapat meningkatkan produksi keringat pada bayi, meningkatkan risiko terjadinya biang keringat.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, penggunaan gurita pada bayi kini tidak lagi dianjurkan. Jika Bunda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai penggunaan gurita pada bayi, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter atau bidan.

Tips tanpa menggunakan kain gurita

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan bayi tanpa menggunakan gurita:

  • Jaga agar bayi tetap hangat dan nyaman.
  • Berikan bayi pakaian yang longgar dan menyerap keringat.
  • Lakukan pijatan lembut pada perut bayi untuk membantu mengeluarkan gas.
  • Jika bayi mengalami gumoh atau muntah, tengkurapkannya selama beberapa menit.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Bunda dapat membantu menjaga kesehatan bayi tanpa perlu menggunakan gurita.

Kesimpulannya, ahli kesehatan kini menyarankan agar bayi dibiarkan bebas tanpa pembatasan kain gurita. Memberikan kebebasan bergerak pada bayi dapat meningkatkan kenyamanan, memfasilitasi proses bernapas, dan mengurangi risiko masalah kesehatan tertentu. Mempertimbangkan alternatif modern ini bisa menjadi langkah positif untuk kesejahteraan bayi.

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.