8 Cara Efektif Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

oleh -95 Dilihat
Cara Efektif Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat yang Patut Anda Coba

Healthsvp – Demam pada anak merupakan suatu kondisi yang umum terjadi. Ketika suhu tubuh anak mencapai atau melebihi 38 derajat Celcius, itulah yang disebut demam. Berbagai faktor dapat menyebabkan demam pada anak, seperti infeksi virus, bakteri, atau parasit.

Mengapa Penting Menangani Demam dengan Cermat

Demam tidak hanya membuat anak menjadi rewel, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan, tetapi jika tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk kejang. Meskipun obat-obatan seperti parasetamol atau ibuprofen dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak, namun seringkali mereka menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare.

Metode efektif menurunkan demam tanpa obat

Jika Anda mencari cara alami dan aman untuk menurunkan demam anak tanpa obat, berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba di rumah.

1. Kompres Hangat

Kompres hangat adalah metode yang sangat efektif. Ini bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, membantu tubuh mengeluarkan panas. Basahi handuk bersih dengan air hangat, peras, dan tempelkan di dahi, leher, dan ketiak anak. Lakukan kompres selama 15-20 menit sekali.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan demam. Ini dapat meningkatkan keringat, membantu tubuh mengeluarkan panas. Mandikan anak selama 10-15 menit dengan air hangat suam-suam kuku. Setelah mandi, keringkan anak dengan handuk bersih dan kenakan pakaian yang nyaman.

3. Perbanyak Asupan Cairan

Pastikan anak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Cairan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan panas. Air putih, air kelapa, atau jus buah tanpa gula dapat diberikan. Hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup membantu tubuh anak beristirahat dan memulihkan diri. Tidurkan anak di tempat yang nyaman dan sejuk. Hindari aktivitas berat.

5. Kenakan Pakaian tipis dan Nyaman

Kenakan anak pakaian yang nyaman dan longgar. Selain itu Pakaian ketat dapat menghambat keluarnya keringat, memperburuk demam. Selimut tipis dapat diberikan untuk menjaga suhu tubuh.

6. Oles dengan bawang merah

Bumbu dapur yang umum digunakan dalam berbagai masakan. Namun, bawang merah juga memiliki manfaat kesehatan yang lain, termasuk untuk menurunkan demam.

Cukup 2-3 bawang merah dan bilas dengan air mengalir Kemudian anda bisa memotongnya atau parut halus dan  mencampurnya dengan minyak sayur atau minyak zaitun.

7. Konsumsi Makanan Bergizi

Pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi. Makanan mudah dicerna, seperti sup, bubur, atau buah-buahan, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Hindari makanan pedas, asam, atau manis.

8. Dukung Daya Tahan Tubuh

Dukung daya tahan tubuh anak dengan memberikan ASI atau susu formula yang sesuai. Suplemen vitamin C atau zinc juga dapat diberikan.

Memantau dan Menjaga Kesehatan Anak

Selain itu menerapkan metode di atas, penting untuk memantau kondisi anak secara berkala. Jika demam tidak kunjung turun atau disertai gejala lain seperti kejang, muntah terus-menerus, atau diare berdarah, segera periksakan anak ke dokter.

Menurunkan demam pada anak tanpa obat memungkinkan Anda menjaga kesehatan mereka tanpa risiko efek samping. Cobalah metode alami ini dengan konsisten dan pantau perubahan kondisi anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan si kecil!

Baca juga Menangani Anak Demam dan Muntah dengan tepat

Tentang Penulis: Jonathan putra

Gambar Gravatar
dr. Jonathan Putra merupakan Dokter Umum yang berpraktik di RS Umum Royal Prima. Beliau telah mengemban pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sumatera Utara. Adapun layanan yang dapat dr. Jonathan putra bantu yaitu konsultasi kesehatan umum, seperti demam, sakit kepala/ migrain, diare, batuk/ pilek, sariawan, ambeiien, asma, rematik, kolesterol. Selain itu, Beliau terhimpun dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.